Dukung Sumedi pada Kontes SEO astaga.com lifestyle on the net | semoga juara I

BLOG INI TELAH DIPINDAH KE BLOGGERPURWOREJO.COM



Minggu, 26 Oktober 2008

Sarana Angkutan Rakyat

Berbagai moda angkutan tersedia di kabupaten purworejo baik berupa transportasi tradisional ataupun modern siap menghubungkan semua sisi wilayah sebagai pengantar aktivitas warga .

Angkutan kota / angkutan desa
Menghubungkan antar kota kecamatan atau kota kecamatan dengan pedesaan. Warga kabupaten biasa menyebutnya dengan kopada untuk angkutan penumpang mobil kecil . Minibus banyak ditemukan pada jalur Grabag – Kutoarjo – Purworejo dengan frekuensi yang cukup tinggi. Jalur ini
termasuk jalur paling ramai sehingga wajar kalau menggunakan kendaraan
lebih besar. Namun jika anda ingin mencoba angkutan desa anda harus benar – benar memperhitungkan waktu , karena frekuensinya masih relatif rendah. Walaupun berlabel angkutan desa tapi kondisi kendaraan sangat bagus dan terawat. Moda angkutan ini biasa beroperasi dari setelah subuh hingga sore sekitar pukul lima.

Becak
Banyak dijumpai didaerah datar seperti Kutoarjo dan Purworejo , daerah lain juga ada tetapi tidak sebanyak didua kota tersebut . Daya jelajah untuk wilayah kota , namun bisa juga sedikit ke pedesaan dengan jalan – jalan aspal dan rata. Stasiun , pasar , tempat pembelanjaan ,alun – alun , terminal dan tempat – tempat pemberhentian bus menjadi tempat favorit ngetem becak di wilayah Purworejo. Beroperasi baik pada siang ataupun malam hari .

Dokar
Delman dengan ditarik oleh satu kuda , tidak ditemukan kereta dua kuda seperti yang kita jumpai di Jogja. Seperti moda becak , dokar banyak beroperasi di pasar dan stasiun dengan daya jelajah yang lebih luas bisa masuk ke pelosok – pelosok . Namun dewasa ini moda ini sudah semakin berkurang , mungkin karena biaya perawatannya yang relative lebih mahal .

Ojek
Lebih banyak beroperasi di malam hari . Saat musim lebaran jumlah ojek bisa duakali lipat. Stasiun dan tempat pemberhentian bus adalah tempat yang pas untuk mangkal ojek . Jangkauan wilayah bisa sangat jauh asal tidak membawa barang berat dan banyak. Moda ini jadi pilihan jika tujuan anda adalah daerah – daerah yang tidak bisa dijangkau oleh moda lain

Rental
Untuk menggunakan kendaraan sewaan , lebih baik anda berkonsultasi dengan relasi atau kerabat atau kenalan anda. Banyak jasa penyewaan dengan berbagai type kendaraan dan variasi harga. Kemudahan moda ini karena anda bisa bepergian secara rombongan.

Tunggu apa lagi ....? Silahkan berkunjung walau hanya sebentar …..!

3 komentar:

  1. Gambar di atas adalah sarana angkutan rakyat yang murah tpi agk larang sedikit

    BalasHapus
  2. agak larang karena gak ada pathokan tarif dari pemerintah ... pinter2 nawar saja

    BalasHapus
  3. aku mujur iso gede krono becak, bapakku mingkur duwe pamrih sopo sing karep wae nek arep numpak becak wong ra mekso ?

    BalasHapus

welcome to forum purworejo, please leave your comments; Komentar ini bebas untuk siapapun, tidak hanya yang punya account blogspot. Maturnuwun.

 

greeny::template design by: paradesain:: avaliable to download at:template.azimat.net
copyleft:blogger purworejo community 2008 - 2010 || supported by: free magazine subscription || contact us by email:satvica77@yahoo.com