Dukung Sumedi pada Kontes SEO astaga.com lifestyle on the net | semoga juara I

BLOG INI TELAH DIPINDAH KE BLOGGERPURWOREJO.COM



Sabtu, 20 September 2008

Pasar : Penggerak Transaksi dan Ekonomi


Di seputaran kabupaten Purworejo banyak sekali terdapat pasar tradisional. Pada satu kecamatan saja bisa terdapat lebih dari satu pasar dengan berbagai ukuran dan kapasitasnya . Sedangkan pasar modern atau swalayan berada dikota kabupaten .

Di pasar inilah berbagai barang komoditas berubah menjadi punya nilai ekonomis . Baik dari hasil pertanian , peternakan , kerajinan dan barang jasa lainnya bertransaksi dan berinteraksi sehingga membuat dinamika perekonomian menggeliat .

Pasar yang tersebar di kota kecamatan atau bahkan pasar dipedesaan mempunyai keunikan karena masih memberlakukan hari pasaran . Hari pasaran adalah hari yang disepakati oleh warga sekitar sebagai hari beroperasinya pasar tersebut . Sebagai contoh pasar di Kemiri memilih hari rabu dan sabtu sebagai hari pasaran , maka pada hari – hari itu pasar akan nampak lebih ramai dari biasanya.

Jika hari pasaran tiba , pagi – pagi sekali biasanya sudah sangat ramai . Petani dengan hasil bumi atau ternaknya nampak antusias bertransaksi dengan pedagang perantara yang akan mendistribusikan komoditas ke pasar regional yang lebih besar atau bahkan dipasarkan ke luar propinsi. Kelapa , sayur mayur , cabe adalah contoh kecil komoditas pertanian yang banyak dicari oleh pedagang besar , sedangkan hasil ternak yang dipasarkan berupa ayam ,itik , merpati atau unggas lainnya , kadang ada juga kambing . Hewan besar seperti kerbau dan sapi mengambil tempat di pasar hewan yang mempunyai hari pasar tersendiri.

Selain hari pasaran , momen tertentu juga memicu pasar lebih ramai dari biasanya . Seperti mendekati lebaran saat ini , selain karena kebutuhan konsumtif warga Purworejo yang meningkat juga karena banyak perantau yang mudik ikut mengucurkan devisanya . “ Prepeg-an “ adalah ritual belanja sebelum lebaran , biasanya H-2 atau H-1 merupakan puncak dari transaksi dan pasar akan nampak overload pengunjung pada saat – saat seperti itu .

Anda mempunyai bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan pokok warga kabupaten kami ?, dan ingin memperluas jaringan silahkan kunjungi kabupaten Purworejo . Walau tidak sebesar pasar Johar Semarang atau pasar Beringharjo Yogyakarta tapi ada beberapa pasar tradisional yang cukup reprensentatif seperti pasar Kutoarjo dan Pasar Baledono , pasar di kecamatan lain juga cukup bagus untuk dikunjungi .

Atau anda sebagai warga kabupaten , tapi saat ini sedang ada di rantau ? Jangan lupa sisihkan devisa anda untuk membantu ekonomi Purworejo lebih menggeliat dan bergairah saat ada kesempatan mudik . Jangan kuatir rupiah anda pasti diterima dan berlaku disemua pasar .

Sampai jumpa ...!!!

8 komentar:

  1. Inyong prihatin juga. Kondisi pasar mbutuh contohnya. Keadaan makin memelas. DUlu pada masa jayanya pasar mbutuh jadi pertemuan pedagang dari arah selatan (nglubang, ndungsri, dll) , arah utara (Pituruh, kaliwatu dll), wetang dan kulon. Tapi saiki penjualnya dan pembelinya tersisa ibu-ibu sepuh...

    BalasHapus
  2. akhir romadhon..ayo podho prepegan maring pashartojho po poorjho

    BalasHapus
  3. saya ngomentari si inyong yang prihatin, kalau pasar butuh memang hari pasaran aja yang ramai, memang yang jualan banyak orang yang sepuh sebab piantun sepuh agak takut ke kutoarjo untuk jualan karena depan pasar belum ada lampu merahnya sehinggga takut untuk nyebrang, tur saiki wis akeh mobil engkel mbek kopada jalur 5

    BalasHapus
  4. nek podho arep prepegan pasar ning kutoarjo jo lali sebut mas hox ngerti kabeh, kapan arep ketemu tak tunggu lan ning ngendi?

    BalasHapus
  5. Buat kalangan blooger, saya membutuhkan kambing yang kira kira harga @250.000, mau saya potong buat sukuran yang sederhana, soalnya sudah 5 tahun saya ndak pulang tolong kasih telponya nanti tak ambil txs

    BalasHapus
  6. mas.. kae fotonya siapa.. hehehe.. belum izin yah?? hahaha

    BalasHapus
  7. u/ Inyong : mungkin itu bagian dari perubahan jaman kali yaa..

    u/ Denbaguse : prepegan ramai banget , selain pengin belanja sekalian ngabuburit

    u/ Mas Hox : walau nggak datang ke acara syukuran ..aku ikut do'a semoga selamat & sejahtera

    u/ Mas Indra : ha..haa..makanya photonya tak kropping karena mau minta ijin orang se-pasar buanyak banget ( capek deh ) ,,btw mana ceritanya kok belum disambung..?

    Raf

    BalasHapus
  8. PURWOREJO KOTA KELAHIRANKU....
    BANYAK KENANGAN DI PURWOREJO...
    SEKIAN TAHUN LAMANYA KUTINGGALKAN PURWOREJO...
    WAJAHMU SUDAH BANYAK BERUBAH...
    KATA ORANG PURWOREJO KOTA PENSIUN...
    NAMUN SPIRIT UNTUK MAJU TERNYATA TIDAK MENGENAL PENSIUN...

    WAHAI WARGA PURWOREJO...
    MAJULAH...TERUSLAH BERKARYA...
    JANGAN LARUT DALAM MIMPI...
    TETAPI REALISASIKAN MIMPI-MIMPIMU...
    DIMANAPUN...KAPANPUN...JANGAN LUPAKAN PURWOREJO...
    KARENA KARYAMU...BALAS BUDIMU...UNTUK PURWOREJO...

    MATUR NUWUN...PURWOREJO...



    Fr. Toni_T9

    E-mail : primex_max@yahoo.com
    Web Blog : http://www.primanda.blogspot.com

    BalasHapus

welcome to forum purworejo, please leave your comments; Komentar ini bebas untuk siapapun, tidak hanya yang punya account blogspot. Maturnuwun.

 

greeny::template design by: paradesain:: avaliable to download at:template.azimat.net
copyleft:blogger purworejo community 2008 - 2010 || supported by: free magazine subscription || contact us by email:satvica77@yahoo.com