Dukung Sumedi pada Kontes SEO astaga.com lifestyle on the net | semoga juara I

BLOG INI TELAH DIPINDAH KE BLOGGERPURWOREJO.COM



Selasa, 05 Agustus 2008

Kawedanan Kutoarjo , Bukti Sejarah dan Kini….


Menurut Wikipedia kabupaten Purworejo terbentuk atas gabungan dua wilayah yaitu wilayah pemerintahan Kutoarjo dan wilayah pemerintahan Bagelen yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda jauh sebelum masa kemerdekaan .

Bukti itu bisa kita lihat saat ini dengan masih berdirinya kantor pemerintahan di Kutoarjo yaitu kawedanan tempat kediaman pak wedono. Bangunan ini tampak terawat dengan taman yang tertata dan pendoponya yang nampak gagah .

Komplek pemerintahan yang terdiri dari , bangunan hunian seperti rumah, kemudian pendopo disambung dengan dua buah kantor dengan satu jalan ditengah .

Bukti lain bahwa bangunan ini sempat menjadi pusat pemerintahan adalah jika kita tilik dari layout yang sangat bercirikan perkantoran jaman dulu . Yaitu kantor pemerintahan menghadap ke alun – alun dengan sebuah masjid di sisi barat alun – alun . Dua contoh kombinasi bangunan yang merupakan konsep keseimbangan hidup yang ingin diciptakan dan saat ini sudah sulit ditemukan terutama pada komplek perkantoran modern.

Kantor camat Kutoarjo sendiri tidak menggunakan fasilitas gedung ini sebagai pusat birokrasi , namun mendirikan bangunan baru disebelah utara sekitar setengah kilometer dari kawedanan .

Beberapa tahun lalu komplek ini pernah menjadi tempat berdirinya museum Tosan Aji sebelum museum dipindahkan ke Purworejo . Pemanfaatan lain adalah di pendopo yang sering digunakan sebagai tempat berlatih sebuah sanggar tari , perpustakaan umum , pementasan wayang kulit , juga aula berbagai kegiatan mulai halal bihalal, pesta perkawinan dan lain sebagainya.

Mungkin jika anda pernah bersekolah di Kutoarjo , tempat ini terasa tidak asing karena anak sekolah sering memanfaatkan pendopo sebagai tempat istirahat saat ada kegiatan dialun – alun ataupun saat pramuka . Dalam radius sekitar dua kilometer dari tempat ini memang bisa kita jumpai puluhan sekolah mulai TK , SD ,SMP , SMA , Politehnik sehingga saat ada kegiatan dialun – alun seperti porseni atau upacara bendera tempat ini bisa dibanjiri oleh pelajar. Seperti di bulan agustus , tempat ini biasanya ramai oleh berbagai kegiatan dalam rangka menyambut peringatan hari proklamasi kemerdekaan.

Kawedanan , alun –alun dan masjid seakan menjadi simbol kota kecil ini. Jika sore tiba tempat ini biasa ramai oleh warga yang bersantai mencari angin dengan bersepeda , jalan kaki atau memakai kendaraan bermotor .

Anda punya waktu luang ...? silahkan singgah sebentar .

30 komentar:

  1. wah kulo jadi kelingan ketemu cewek sepisan nang kawedanan

    BalasHapus
  2. Ya, dulu saya sekolah di SMEA Negeri Samawung, memang agak jauh dari Kawedanan, tetapi karena Kost di Kidul sepur, saya kalau main disekitar kawedanan. Alun2 yang merupakan lambang kekuasaan sangat luas dengan pohon beringin ditengahnya. lama sudah saya tiddak sempat mampir.august 2008

    BalasHapus
  3. u/ Masnur --> penuh romantika ya..ha..haa

    u/Mas Sito --> SMEA N & SMA PMB memang beradius paling jauh ..tapi kalau upacara agustusan selalu mengirim peserta upacaranya lho Pak ..apalagi SMA PMB dulu terkenal dengan drumband-nya kalau pas agustusan ...

    Pohon beringin ditengah alun - alun masih kokoh ... sedikit lho kota kecamatan yang punya alun - alun..

    Raf

    BalasHapus
  4. weh la iku tempat perpisahan sekolah ku dulu .
    smp n 1 kta saiki smp3 pwr
    yang jelas kalau malam banyak yang jual makanan ..yo to ..?
    Aku yen mulih mesti nang alun - alun karo bojo lan anaku ...

    BalasHapus
  5. Ditengah alun-alun selalu ada pohon beringin, dekat dengan Kantor Bupati/ Wedana, Masjid/ Kauman dan Kantor Pemerintah lainnya, kelihatannya merupakan tata ruang yang baku.

    BalasHapus
  6. u/ Mas Hendro S --> selamat bernostalgia , alun2 , kawedanan , mesjid jami' tempat yang banyak dikunjungi orang saat sore / petang..

    u/ Mbah Suro --> komposisi itu memang nampaknya menjadi pakem tata ruang bangunan pusat pemerintahan jaman dulu . Namun konsep kantor pemerintahan sekarang " manajemen terpadu " .

    BalasHapus
  7. u/kang Raf matur nuwun ...sanget .
    wah lebaran bentar lagi ...buat kumpulan para blogger pwr ...gimana .?
    Kalo ada yang mau koordinir ..top banget ..deh

    BalasHapus
  8. Kawedanan memang tempat enak buat kumpul2, nginget dulu masih sekolah.. tiap2 17an pasti upacara disitu, kebetulan aku alumni SMPN2 KTA (saiki SMP piro yo??), soale angkatan 90.
    Lebaran pdo balik, ngumpul neng kawedanan, karo anak Bojo, he...hee..hee..
    Salam kenal
    Wong Paitan

    BalasHapus
  9. Salam kenal kembali Mas Parman , kalau tidak salah SMP N 2 sekarang menjadi SMP N 5 ..

    Selamat kumpul2 di blog ini juga Mas , sambil iseng tulis soal Pwr

    Untuk lebaran nggak tahu nih..apa ada yang bisa koordinir kopi darat , mudah2an nanti ada yg punya waktu ...

    Raf

    BalasHapus
  10. Salam Kenal Juga MasRaf, o ya, adi aku dapet Telp dari Mas Yugo (dari daerah Grabag), kebetulan dia baca postinganku, dan Mas Yugo tinggal deket rumahku, jadi tambah temen dech.. Untuk yang lain ditunggu postingannya ya.. biar tambah rame blog ini.
    Kalo Mas Raf tinggal dimana sekarang??..

    kalo ada yang mau chat bisa di contact aku di arfenabar@yahoo.com
    Bravo PWR

    Parman

    BalasHapus
  11. Saat ini domisili saya di Kalimantan Timur

    Raf

    BalasHapus
  12. We lah, adoh tenan sampeyan ki,, tapi yang penting sukses aja,
    untuk yang lain ditunggu comment nya gitu,

    parman

    BalasHapus
  13. Ya melu seneng nek sedulur pada rukun.
    Aku sendiri bukan asal Kutoarjo, cuma istri dari Kutoarjo, tinggal di Semawung. Kalau di Kutoarjo aku menyempatkan tongkrong di Pendopo. Kalau malem wedangan jahe di trotoar alun-alun.

    BalasHapus
  14. Sekian puluh tahun yang lalu saya ngangsu kawruh di SD Kutoarjo terus SMPN 1 Kutoarjo sebelum ke SMAN Purworejo. Daerah Kawedanan dan sekitarnya memang masih seperti itu. Atau sengaja dipertahankan. Saya nggregel lihat foto bocah ngepit dengan background Kawedanan.

    BalasHapus
  15. Mas Totok --> tongkrongan di alun2 memang asyik dan ngangeni, saya sendiri kangen sama "doro" goreng nya lesehan tugu ( tendanya disisi selatan di jalan P Diponegoro )

    Mas Bintoro --> mungkin arsitektur kawedanan sengaja dipertahankan seperti itu , namun nampak bersih dan terawat.Untuk "pit" sampai kini masih jadi alat transportasi andalan lho .

    Wassalam,

    BalasHapus
  16. Terima kasih, terima kasih. Saya jadi kangen dengan Kutoarjo. Kapan-kapan mesti menyempatkan diri niliki dan nggoleki kanca2 lawas yang mungkin masih bertahan disana.

    BalasHapus
  17. Insyaallah saya akan cari waktu untuk mampir dan mencari teman2 lama.

    BalasHapus
  18. kalau kawedanan torjo, mesti setiap hari saya lewat, tapi saya jadi terima kasih juga ama alun alunya masih kenangan waktu pasar kutoarjo pindah ning alun alun, simbok saya jualan disitu walau dagangane sering ilang. txs awak mujur krono dodolan buah

    BalasHapus
  19. nambah ki nyuwun sewu, torjo isih rame ciblek ora ?

    BalasHapus
  20. aku asli purworejo pase ndeso semawungdaleman kecamatan kutoarjo, aku kangen konco smea negeri lulusan th 1990, Agus jumbarwanto, rina palupi, trismawati, trisnawati, pramono, wahyuni, tri adi prastiwi, siti nasikah, tari wah akeh aku lali saiki pada nang ngendiya...
    kapan nganake reuni....kanggo nglepas kangen lan bernostalgia. yen ana sing ngerti bisa hubungi aku nang hp 08176014146 utawa email prishery@yahoo.co.id. tak tunggu konco-2 infone. matur nuwun.

    BalasHapus
  21. Bali Purworejo agustus 2008 ra ono perubahan. seko bandara jogya numpak mondor iso turu nganti ngiler mbasan lewati perbatasan kok koyo main kuda luping...dalane okeh tembelan. tapi pas cobo liwat bagelen+purwodadi dalan wus mulai diaspal remix. sayange nang desaku sing kurang luwih 3km soko stasiun torjo isih aspaluan dalam tinggal mung 2 kilo ra diaspal pemerintahe kurang adil kayane nunggu aku dadi Bupati pos presiden yaeeee he..... padahal desaku sentra UKM LO

    BalasHapus
  22. hery cah semawung kta25 September 2008 16.23

    ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABAROKATUh,
    Dengan hati yang bersih marilah kita jalin tali berkah menuju pintu hidayah yang telah terbuka untuk kembali ke jalan Allah SWT.
    Dari lubuk hati yang terdalam kami sekeluarga mengucapkan, Selamat Hari Rya Iedul Fitri 1 Syawal 1429 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin atas berbagai khilaf yang telah saya lakukan
    (Taqoballohu minna waminkum).
    Amien....3x

    WASALAMUALAIKUM WAROHMATULLAHIWABAROKATUH.

    (hery Priswanto & keluarga)

    BalasHapus
  23. Ih..jadi pengen reuni di SMA N KTA.. itu dulu jalur ke sekolah setelah naik engkel turun di kawedanan trus jalan lewat pasar kewan... kangen jalannya....

    BalasHapus
  24. KONTES BLOGGER 2009

    info:
    www.orbit-indonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  25. aq aning , alumi smk sawunggalih

    BalasHapus
  26. ana ra ya kanca ki sing cah alumi smk sawungalih kutoarjo angkatan 2006 klas AK- 4. ne ana Cpt ADD nag face book aq ya "aningozan@yahoo.co.id"kngen kiye kro kanca2.

    BalasHapus
  27. alhamdulillah, terima kasih atas foto kawedanan. dulu saya pernah sekolah TK di sini sebentar. kalau olah raga juga sering alun-alaun karena SMP Pius dan SMA Susteran-ku ga punya lapangan yang luas. kalau ga percaya tanya tuh Hendro Prasetyo yang kalau di kelas kerjaannya makan mangga kuweni

    BalasHapus
  28. maaf saya pinjem gambarnya tuh

    http://kutoarjo45.blogspot.com/

    BalasHapus
  29. Ono ra sing alumni STM n Purworejo angkatan 95 cah BA salam Dr SSA

    BalasHapus
  30. Thanks ya gan blog ini membantu saya sekali .................



    bisnistiket.co.id

    BalasHapus

welcome to forum purworejo, please leave your comments; Komentar ini bebas untuk siapapun, tidak hanya yang punya account blogspot. Maturnuwun.

 

greeny::template design by: paradesain:: avaliable to download at:template.azimat.net
copyleft:blogger purworejo community 2008 - 2010 || supported by: free magazine subscription || contact us by email:satvica77@yahoo.com