Dukung Sumedi pada Kontes SEO astaga.com lifestyle on the net | semoga juara I

BLOG INI TELAH DIPINDAH KE BLOGGERPURWOREJO.COM



Selasa, 08 Juli 2008

Warga Purworejo Di Timika Papua

Perantau dari Purworejo yang mengadu nasib di Timika,Papua di awali oleh beberapa orang yang mengikuti program transmigrasi dari Pemerintah sekitar tahun 1985. Ada sebagian dari mereka yang sekarang bekarja sebagai pegawai negeri (guru dan pemda) dan ada yang masih bertahan sebagai petani (yang 'berhasil') namun juga ada yang terpaksa pulang ke Jawa lagi karena lebih senang tinggal di Purworejo.

Kemudian di susul oleh warga Purworejo yang lain yang datang ke Timika setelah tahun 1990 (ada juga yang sudah dari tahun 80-an) yang bekerja sebagai karyawan swasta (PT Freeport) yang kebanyakan mereka mendaftar dari Jakarta dan mereka tinggal di kawasan Perusahaan yaitu di Tembagapura. Kemudian pada sekitar 8 tahun terakhir juga banyak warga Purworejo yang datang ke Timika karena ditempatkan/ditugaskan di sana( TNI+Polisi) Sekitar tahun 1988 komunitas warga Purworejo yang tinggal di Tembagapura membuat satu wadah sebagai sarana kumpul-kumpul dan melepas kangen dengan nama BAGELENAN.

Sudah banyak kegiatan yg sudah dilaksanakan,selain arisan dan Koperasi simpan pinjam, juga ada kegiatan sosial maupun keagamaan. Dalam bidang keagamaan biasanya setiap bulan Ramadhan mendatangkan Kyai dari Jawa untuk meramaikan dakwah di Tembagapura. Namun seiring perjalanan waktu dan kesibukan masing masing BAGELENAN di Tembagapura bubar pada tahun 2002. Untuk menjaga agar warga Purworejo tetap eksis pada tahun yang sama di Timika di bentuk Paguyuban warga Bagelen Purworejo.

Dan paguyuban ini cakupannya lebih luas, kalau yang sebelumnya yaitu Bagelenan hanya untuk karyawan Freeport saja (karena di area Perusahaan) namun sekarang Paguyuban Bagelen Purworejo dapat menampung semua warga Purworejo yang ada di kabupaten Timika, baik warga transmigran pegawai negri,TNI,Polisi, pedagan maupun karyawan swasta. Sampai sekarang paguyuban tersebut masih eksis dan sangat membantu warga purworejo di timika sebagai sarana komunikasi dan
interaksi.

Sekilas tentang pengurus Paguyuban Bagelen Purworejo di Timika;

Ketua:Suwoto(dari Kec.Ngombol.TNI)
Wakil ketua:Sukirman(dari kec.Purworejo,Peg.Negeri)
Sekretaris:M.Romlan(dari kec.Grabag,Kary.Swasta)
Bendahara:Mahmudi(dari kec.Pituruh,kary.Swasta)

pengirim:
ROMLAN MUHAMMAD
romlan_tmk@yahoo.com

3 komentar:

  1. ohh......... ada tooohhhh

    BalasHapus
  2. Bravo Purworejo.... jelajahi sampai keujung bumi.
    Anggota Pemadam Kebakaran Prop. DKI Jakarta hampir 10% wong Purworejo

    BalasHapus
  3. Pak Romlan monitor nggak yaa...,

    Salam dari Kalimantan Timur Pak,

    Saya pernah tinggal di Timika walau sebentar , jauh yaa..sehingga dari Jakarta harus tengah malam agar pagi pukul enam tiba di Timika.

    Pernah merayakan idhul adha di Tembagapura dan melewatkan pergantian tahun di Ridgecamp.

    Salam dan sukses selalu untuk semua , semoga paguyuban warga purworejo mampu memberikan bukti nyata dalam membangun Indonesia

    wassalam
    Raf

    BalasHapus

welcome to forum purworejo, please leave your comments; Komentar ini bebas untuk siapapun, tidak hanya yang punya account blogspot. Maturnuwun.

 

greeny::template design by: paradesain:: avaliable to download at:template.azimat.net
copyleft:blogger purworejo community 2008 - 2010 || supported by: free magazine subscription || contact us by email:satvica77@yahoo.com