Dukung Sumedi pada Kontes SEO astaga.com lifestyle on the net | semoga juara I

BLOG INI TELAH DIPINDAH KE BLOGGERPURWOREJO.COM



Sabtu, 05 Juli 2008

JePang..Menambah Sistem Monitoring GemPa dan Tsunami, Indonesia Kpn??

YOKOHAMA - Untuk mengantisipasi gempa yang sering terjadi, Jepang akhirnya membenamkan sistem monitoring gempa di bawah laut. Sistem monitoring tersebut dipendam di dasar laut dengan kedalaman 1000 hingga 2000 meter di bawah permukaan laut. Sistem ini diharapkan dapat memberikan data realtime akan segala aktivitas permukaan laut yang sering menjadi penyebab gempa bumi. Data ini nantinya akan ditransmisikan ke pusat observasi di permukaan melalui koneksi fiber optik kabel laut.

"Sistem kabel tersebut akan memenuhi sistem monitoring Badan Gempa Bumi Jepang. Jumlah sistem kabel dasar laut yang dimiliki badan tersebut kini bertambah. Sebelumnya Jepang hanya memiliki lima perangkat monitoring gempa dan tiga buah perangkat monitoring Tsunami," ujar teknisi dari NEC Corp selaku kontraktor Kenji Hishiki, seperti dikutip melalui AFP, Jumat (4/7/2008).
Namun setelah sistem tersebut berfungsi maka Jepang akan memiliki sembilan buah perangkat monitoring gempa bawah laut dan empat buah perangkat monitoring Tsunami. Sistem baru ini akan ditempatkan di tengah teluk Pasifik yang hampir berdekatan dengan Jepang.

Dari total gempa yang terjadi di dunia, 20 persennya telah dialami Jepang dikarenakan wilayahnya yang cukup potensial terjadi Gempa. Perangkat monitoring ini telah dilakukan Jepang pertama kali dengan memonitor gelombang gempa.

sumber: okezone.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

welcome to forum purworejo, please leave your comments; Komentar ini bebas untuk siapapun, tidak hanya yang punya account blogspot. Maturnuwun.

 

greeny::template design by: paradesain:: avaliable to download at:template.azimat.net
copyleft:blogger purworejo community 2008 - 2010 || supported by: free magazine subscription || contact us by email:satvica77@yahoo.com