Dukung Sumedi pada Kontes SEO astaga.com lifestyle on the net | semoga juara I

BLOG INI TELAH DIPINDAH KE BLOGGERPURWOREJO.COM



Jumat, 04 Juli 2008

Purworejo Selatan

Purworejo selatan merupakan lumbung padinya kab Purworejo, Sawah terhampar luas, kalau musim tanam, hijau segar menghampar, kalau musin panen, bak hamparan emas, kalau musim kemarau, coklat gersang, tanah merekah, pecah. itulah gamaran sebagaian Purworejo selatan. Para petani masih sangat tradisional, banyak areal tadah hujan karena irigasinya mati tak terurus. Disatu sisi kita ingin meningkatkan produksi padi, tetapi para petani sering kesulitan air.

Padi bukan satu-satunya yang dapat dihasilkan. Di wilayah tertentu yang sudah pandai berladang, pada musin kemarau dapat ditanami tanaman yang tahan kering. Barang kali perlu pengarahan dan percontohan. Para petani di daerah ini jam kerja rata2 per tahun masih rendah. Untuk bisa meningkatan penghasilan perlu ada penyuluhan pertanian, bagaimana caranya memanfaatkan tanah pada musim kemarau. Karena ternyata walaupun musim kemarau, air masih bisa disedotkan dari tanah. Mudah-mudahan ada yang bisa menjadi pioneer, karena peningkatan kesejahteraan petani hanya bisa dicapai dengan meningkatkan hasil tani dalam bentuk apapun. Sekedar pemikiran saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

welcome to forum purworejo, please leave your comments; Komentar ini bebas untuk siapapun, tidak hanya yang punya account blogspot. Maturnuwun.

 

greeny::template design by: paradesain:: avaliable to download at:template.azimat.net
copyleft:blogger purworejo community 2008 - 2010 || supported by: free magazine subscription || contact us by email:satvica77@yahoo.com