Dukung Sumedi pada Kontes SEO astaga.com lifestyle on the net | semoga juara I

BLOG INI TELAH DIPINDAH KE BLOGGERPURWOREJO.COM



Selasa, 29 Juli 2008

Main Ke Kongsi

Waktu kecil, saat itu aku duduk di bangku SD (SD Kontroliran), di Purworejo masih sepi, atau lebih tepatnya tidak seramai sekarang. Sedangkan waktu itu yang punya tv saja masih sangat sedikit; aku biasanya kalau nonton tv di depan otonom (sekarang gedung DPRD, info yg saya tahu). Dan saat itu tentu tv pun masih hitam putih.

Kegemaranku dihari libur (Minggu) adalah jalan-jalan bersama teman, main ke Kongsi. Kongsi waktu itu terletak di depan gedung bioskop Pusaka (Kalau tidak salah sekarang fungsinya sudah menjadi pasar). Pergi ke Kongsi dari rumah selalu jalan kaki. Jadi dari rumah (Pangenrejo) ke Kongsi, lewat Plaosan. Waktu itu jalan di Plaosan sepertinya masih terbuat dari tanah dan batu.

Di Kongsi hal yang membuat aku suka adalah melihat tukang obat, yang dengan berbagai atraksinya untuk menarik orang membeli obatnya. Penjual obat tersebut biasanya menggunakan corong (speaker Toa) supaya banyak orang yang mendengar. Saya tahan berjam-jam berjongkok di depan tukang obat tersebut.

Hal lain yang aku lakukan di Kongsi selain nonton tukang obat adalah baca komik ditempat, dengan cara membayar dulu. Waktu itu di Kongsi ada penyewaan komik namanya Ester. Komik yang aku baca ada silat karya Ganes TH, Teguh Santosa atau Yan Mintaraga. Atau romanya Zaldi, Floren maupun cerita-cerita Andersen. (Sepertinya dengan uang 15 rupiah sudah bisa banyak baca komik)

Biasanya kalau main ke Kongsi aku dari rumah berangkat pagi, pulang-pulang kalau sudah lapar (jam 14.00 wib). Karena kalau bawa uang juga tidak untuk beli makanan, karena bawa uangnya sangat minim (sedikit). Dulu di Kongsi banyak orang jualan Burung merpati. Biasanya sehabis main di Kongsi, aku pulangnya lewat jalan A. Yani, lewat depan toko-toko, sambil lihat-lihat barang yang dijual dari depan tokonya. Namanya anak kecil, hal seperti itu sudah menyenangkan.

kiriman: riwi soto, riwisoto.bc214@gmail.com
ditungu tulisan berikutnya pak.

4 komentar:

  1. mbiyen aku sring yo dolan nag kongsi jamane aku sekolah kang...salam kenal aj ..............

    BalasHapus
  2. Sukanya dulu liat2 kaset bajakan :D
    wah dah bertahun-tahun gak masuk kongsi
    skrg kek apa ya

    BalasHapus
  3. sekarang kongsi jadi terminal angkot... trus ester jadi toko buku.. komik jg ada

    BalasHapus
  4. kalo ngomong ngomong tentang kongsi..aku jadi inget jaman kecil dulu..parabanku Genthong..rumahku Ngeposan jadi kalo jalan kaki lewatnya sebomenggalan..trus liwat belakang bioskop Pusaka, kalo lagi iseng lihat burung merpatinya pak Ngabit..Purworejo saat itu masih sepiii..masih asri banget.bener juga jaman dulu kalo nonton TV didepan otonom (skrg kantor Bupati) TV nya masih hitam putih ada di dalem kotak (seperti kandang kethek)...kalo adus kali dari depan bioskop Bagelen nglangi tekan Suronegaran.kalo balbalan di lapangan belkab..ato latihan sama Pak Di di depan kabupaten.trus nek renang nang Simbarjoyo ato Kedungkebo.jamane SMA tukang balapan motor th87an, grup ku jenenge Cherokee (waton njenengi)..itulah masa lalu yang merupakan sejarah nggak bisa ilang..walaupun sekarang dadi Chef nang 5stars hotel.lama diluar negeri tapi nggak lupa yang namanya Purworejo..setahun sekali pasti pulang kampung..biarpun nyetir mobil sendiri 15 jam di jalan sama anak bojo tapi suasana mudik yang nggak bisa dibeli..biar bisa sungkem keluarga..ketemu konco lawas..ok lah salam buat rekan semua warga Purworejo

    BalasHapus

welcome to forum purworejo, please leave your comments; Komentar ini bebas untuk siapapun, tidak hanya yang punya account blogspot. Maturnuwun.

 

greeny::template design by: paradesain:: avaliable to download at:template.azimat.net
copyleft:blogger purworejo community 2008 - 2010 || supported by: free magazine subscription || contact us by email:satvica77@yahoo.com