Dukung Sumedi pada Kontes SEO astaga.com lifestyle on the net | semoga juara I

BLOG INI TELAH DIPINDAH KE BLOGGERPURWOREJO.COM



Senin, 14 Juli 2008

Landmark di Purworejo Barat Laut


Di Purworejo banyak dijumpai tugu ataupun patung sebagai tengara bahwa anda sedang berada di wilayah Purworejo . Memasuki batas kota sebelah barat anda disambut patung pahlawan revolusi Jenderal Ahmad Yani , di tengah kota tepatnya di Pantok akan anda temui patung komponis lagu Indonesia Raya , WR Soepratman. Berlanjut kearah selatan patung kambing etawa menjulang megah dipertigaan jalan Jogja – Goa Seplawan.

Satu lagi tugu yang mungkin jarang anda temui karena berdiri jauh dari pusat kota namun sebagai lambang bahkan landmark daerah dimana tugu tersebut berdiri. Seperti gambar diatas adalah tugu pralambang kecamatan Pituruh.

Jika anda dari Klepu kearah utara , setelah desa Wironatan tugu seperti diatas bisa ditemui ditepi jalan , ini menandakan bahwa anda bersiap memasuki wilayah kecamatan Pituruh . Selanjutnya di tengah alun – alun satu tugu berdiri dengan gagah entah dari tahun berapa .

Tugu terbentuk dari initial angka 7 , huruf R dan seperti angka 1 dibelakang terpisah serta logo kabupaten Purworejo di bagian depan. Mirip initial CR7 punya Cristiano Ronaldo ya.. , namun saya yakin initial kecamatan Pituruh jauh lebih dulu ada sebelum CR7 .

Bagi anda yang mengetahui secara persis makna dan arti dari initial diatas silahkan dijelaskan kepada kami .

Bagi yang punya waktu silahkan jalan – jalan ke barat laut Purworejo , di sebuah kecamatan yang terdiri dari desa di dataran rendah dan sebagian desanya berada diperbukitan. Pesona hijaunya hemm...

26 komentar:

  1. Sabtu tanggal 5 Juli 2008 saya nostalgia ke SD Prapag Lor Kec. Pituruh tempat mantan pacar saya sekolah.
    Asyik mas... pesona hijaunya dan gemericik air sungainya ngangeni.

    BalasHapus
  2. Kita memang perlu menggali peninggalan yang mungkin masih ada diwilayah purworejo, karena sebagai kota mestinya banyak peningglan sejarah yang perlu dilestarikan.
    Bedug Purworejo sudah cukup terkenal, tapi asal muasalnya kok belum diungkapkan. Tolong kalau ada yang tahu. ceritakan disini, supaya banyak yang tahu.
    Mas sito

    BalasHapus
  3. bethoro indro16 Juli 2008 17.55

    Dik Raf
    Apa sudah ada patung duren?
    dan apa sdh ada peremajaan pohon2 duren di sumongari?
    Jangan kalah dong sama duren montong.
    Wass.

    BalasHapus
  4. masnur.blogdetik.com17 Juli 2008 15.03

    itu yang buat arsitek dari man yaa

    BalasHapus
  5. setiap akhir semester saya selalu mudik ke kampung halaman saya , wanurojo kemiri purworejo ,
    senang rasanya bisa menghirupsegarnya udara di pegunungan. setiap kali pulang saya sempatkan untuk mampir ke rumah teman . saya mohon alumni sma 2 purworejo tahun 2004 ikut forum ini

    BalasHapus
  6. Mbah Suro --> seminggu setelah saya melintas jalanan itu berarti mbah juga melintas , biasanya di sungai pinggir jalan aspal banyak orang nangkap ikan lho Pak , tap pas aku lewat ndak ada ....

    Pak Sito --> salam kenal , bagaimana kalau untuk mulai Bapak menulis sejarah daerah Ngombol dan sekitarnya , pasti menarik , seperti cerita wayang kardus itu ..

    Pak Indro --> seperti komentar mas Yoyok pada artikel sentra durian , kelihatannya peremajaan jalan ditempat , namun purworejo news memberitakan budidaya durian di kec Bagelen yg dilakukan secara intensif.

    Mas Masnur --> salam kenal , yg jelas arsiteknya cukup inovatif pada jaman itu

    Mas sarifmangir --> Desa Wanurojo itu lewat desa Kerep ke arah utar yaa...saya pernah sampai ke Wanurojo dulu pakai sepeda , udara yang sejuk disiang hari sangat nikmat , terus pemukiman warga yang cenderung bergerombol kearah sumber air juga punya pesona sendiri. Ayo tulis cerita ttg desa Wanurojo ...kami tunggu ya..

    Wassalam ,
    Raf

    BalasHapus
  7. setiap miggu saya pulang kekampung saya di wunut city, wanurojo, kemiri, purworejo. desa saya sama dengan desanya sarifmangir. sarif kapan kamu mau pulang kedesa kita yang sangat nyaman di purworejo loooo...! entar klu pulang bawa oleh2 yaaa..!!

    buat anak2 PN Purworejo kelas TAV angkatan 2006 pada kemana nech....!! kapan kita reuni, udah kangen nech..!! (MUSAL)

    BalasHapus
  8. halo semua kewanurojo yuk,,,! para anak2 wanurojo mana nech...! khususnya anak wunut...

    BalasHapus
  9. syarif kpan blk

    BalasHapus
  10. BUAT ANAK ANAK WANUROJO AYO BERGABUNG........!!!!!!

    BalasHapus
  11. ANAK2 ALUMNI SMK PN TAV ANGKATAN 2006 PADA GAK NONGOL NECH.........!!!!!!!!!

    BalasHapus
  12. Ankatan 2005...nie di sinie....

    BalasHapus
  13. Haloo ..., untuk anak2 Paitan(kemiri), ditunggu atensinya juga.., saya dari Dusun Krajan Wetan, Paitan, kemiri Pwr...

    Parman
    Alumni STM N1 PWR '96

    BalasHapus
  14. kesawen jadi kota28 Oktober 2008 10.44

    waktu lebaran ke desa kesawen saya sangat kagum dgn daerah tersebut tempatnya sangat strategis.kesawen utara perbukitan dan kesawen selatan dataran rendah/persawahan jadi udaranya jg masih segar.di samping itu jg ada peninggalan bersejarah yaitu goa gong.tapi sayang kurang diperhatikan pada pemda setempat.jlan jg sudah bagus semua.from Anung T.W no telpn 081387977936.rumah depan balai desa kesawen

    BalasHapus
  15. Salam buat anak2 purworejo.buat guru2 smp muhammadiyah pituruh.khususnya alumni thn 2000.masih ingt ga sama aku Anung T.W.Salam buat keluarga besar bpk Saino ds kesawen.bpk kamad.remaja2 kalitepus khususnya ngadiyo,aji gudel yg masih mblangsak,moko sigit,anjas,sapari, teguh panut.dan keluarga besar pak sarino.terima kasih.jg keluarga besar ibu karti.terima kasih ANUNG T.W NO HP 081387977936.HUB SEGERA UNTUK MENJALIN PERSAUDARAAN.

    BalasHapus
  16. salam buat keluarga di cikarang.khususnya keluarga marlina.saya jg prihatin melihat kota cikarang yang masih minim akan tingkat pendidikan.sehingga bnyk penduduk pribumi yang jadi pengangguran akibat dari tidak punya lulusan.dan saya berpesan tingkatkan pendidikan anda.masa depan bangsa ada di tangan anda.Anung.tw.salam buat PM.Wayan,PM.Nyoman,PM.Titan.

    BalasHapus
  17. sLm buat cah2 kesawen, pituruh & semua lulusan sma 10 pwr kalikotes khususon angk. 2004 ..
    dtggu nongolnya di sini.!!
    kesawen wah..wah..wah ademmmmmmm tenan...peace dehh
    prom:roni 081390405055 (juru kunci/kunjung guagong)

    BalasHapus
  18. tentang pembangunan jalur Kalimeneng- Purbayan
    Kepada pemerintah KAb PURWOREJO ,
    Kapan pembangunan jalan Kalimeneng - Purbayan di lanjutkan ?
    seluruh warga sudah menunggu realisasi pemabangunan jalan tesebut,

    BalasHapus
  19. siapa yang harus di salahkan

    pada masa ORDE Baru sekitar tahun 1998. pembangunan infrastrukture kepelosok desa sangat berkembang pesat, khususnya di desa wanurojo.
    adapun pembangunan yang telah terealisasi
    antara lain:
    Pengaspalan Jalan
    SUMBER air Bersih
    Listrik Masuk Desa

    Wanurojo yang terletak di dataran tinggi
    sangat memiliki ketergantungan dengan alam
    salah satu yang vital di butuhkan pada saat musim kemarau adalah air bersih

    waktu tahun 1998 pernah di bangun sarana air bersih, dimana sumber air diperoleh dengan membendung salah satu mata air di daerah Pakis arum ( Ngalamat) Pembagunan sarana ini pada awalnya beralan dengan lancar dimana semua desa yang dilewati saluran air tersebut hampir kebagian semua ,,tapi ,,, jalan 2 3 tahun terjadi penyimpangan .

    pemagian air yang awalnya berjalan dengan baik
    kini sudah terjadi ketimpangan . dimana daerah yang paling ujung Wanurojo Kidul sedikit mendapat Air bersih . tapi hal ini di maklumi sebagian warga karena di posisi buntut ya pantas kalo air yang sampai sedikit . tapi hal iyu sudah cukup membantu warga dalam mengatasi masalah air ketika musim kemarau .


    Yang saya Herankan ...
    Kenapa Fasiltas yang sudah di berikan oleh pemerintah kok tidak dimanfaatkan dengan sebaik- baiknya ??//???
    Disana sini terjadi kebocoran dan pencurian air dalam perjalaan artinya para warga membobos pipa paralon di sepanjng jalan hal ini sangat mengganggu kel;ancaranair sampai ke bak- bak penampungan.

    berjalan 4 tahun. yah kondisinya sudah sangat parah ...
    pipa2 banyak yang bocor pecah , rusah , patah air berhamburan kemana mana.

    Tolong warga wanurojo semuanya . lha bok iyo o
    apa yang sudh ada di rawat .

    emeng bener pada musim pnghujan air melimpah ruah , tapi mikiro pada musim kemarau, cari air susahnya minta ampun

    melalui ini saya sebagai seoarang warga mau ngasi masukan kepada aparat desa wanurojo :

    tolong aturan yang sifatnya tertulis di Wanurojo di giatkan :
    sebagai misal
    barang siapa yang mencari ikan dengan bahan racum jika ketahuan akan di denda.

    mungkin hanya kesadaran wqarga saja . yang bisa merubah keadaan.

    UNTUK PEMERINTAH PURWOREJO

    Tolong Pembagunan di Desa Kami. Khususnya sarana air bersih di Laksanakan kembali .

    MUNGKIN WARGA DENGAN PENYUUHAN SERTA BIMBINGAN AKAN MENJAGA DAN MERAWAT FASILITAS YANG TELAH DI BERIKAN .

    TERIMA KASIH

    BalasHapus
  20. Anjar,(021)98001033
    Kalau ingat klepu,desa kesawen,saya selalu ingt dgn pacar saya..thn 2004 lalu.skrg pcr saya sdh jadi polisi di polres kebumen.

    BalasHapus
  21. Apabila pengeboran sarana air bersih dilaksanakan sesuai dengan rencana , insya alloh musim kemarau sarana air bersih desa wanurojo..LANCAR.jgn terlalu banyak pos,Sekalian NGEBOR yang dalam 100m jgn cuma nangung 20m.
    -----IKAWA (Ikatan Anak Wanurojo)------

    BalasHapus
  22. ikut nimbrung mas.aku asli Kalikotes tp tinggal di bdg ja-bar.kurang lebih bulan juli 2011 sy sambang ke orang tua dan bawa anak2 karena waktu itu pas liburan sekolah,sesampainya di desa Kalikotes yg merupakan desa kelahiran sy,sy bangga karena sekarang telah berdiri smp negri berikut smanya.akan tetapi juga heran karena jln yg dilewati ada yg bgs ada yg jlk,dr pituruh sampe kesawen bagus masuk desa kalikotes jelek sampe utara jembatan kalikotes,bagian utara jembatan keutara bagus lagi.nah ada apa dibalik semuanya kok seperti blok2an jln,apa memang jln juga punya otonomi?

    BalasHapus
  23. alhamdulilah kemarin sy dpt kbr dr ortu dikalikotes telah dibangun sarana air bersih kalo gak salah namanya PAMKARSA yg akan menyuplay air bersih kewarga semua.terimakasih keluarga sy bisa ikut andil sebagai tempat penampungan air berikut tempat sumur bornya semoga tidak terjadi kekurangan air bersih lagi.....................

    BalasHapus
  24. klo tugu di alun2 pituruh,itu kayaknya seperti lambang proklamasi 17RI,waktu jaman sy sekolah pas olah raga selesai langsung menuju tugu itu karena enak buat du2k dan adem,,,,,,,,,,ada pendinginnya kali......................

    BalasHapus
  25. tempat peninggalan sejarah kurang dilestarikan..
    coba kalau dirawat dengan baik, pasti banyak pengunjung yang datang.
    jadi tempat wisata di purworejo akan lebih banyak deh..

    BalasHapus

welcome to forum purworejo, please leave your comments; Komentar ini bebas untuk siapapun, tidak hanya yang punya account blogspot. Maturnuwun.

 

greeny::template design by: paradesain:: avaliable to download at:template.azimat.net
copyleft:blogger purworejo community 2008 - 2010 || supported by: free magazine subscription || contact us by email:satvica77@yahoo.com