Dukung Sumedi pada Kontes SEO astaga.com lifestyle on the net | semoga juara I

BLOG INI TELAH DIPINDAH KE BLOGGERPURWOREJO.COM



Rabu, 21 Mei 2008

Sentra Durian di Purworejo

( sebuah catatan ringan )

Saat musim buah durian tiba , kawasan kabupaten Purworejo bisa dipenuhi oleh buah yang berbau harum dan sangat menggoda . Dipusat kota penjualan banyak ditemukan di pasar terminal lama Purworejo . Sedangkan untuk lebih dekat kepada konsumen banyak dijajakan di sepanjangan jalan luar kota baik menuju Jogja , Kutoarjo maupun Magelang . Durian dijajakan dipingir jalan cukup menggelitik selera pengguna jalan untuk singgah menikmati buah sambil menikmati paduan hijau lahan dan silir angin persawahan .

Jika kita tanyaka kepada penjual tentang asal durian yang mereka jajakan , kebanyakan dari mereka akan menjawab durian asal kecamatan Kaligesing . Memang kawasan kecamatan Kaligesing dikenal dari dulu sebagai produsen durian yang terkenal untuk daerah Purworejo . Bahkan saat ini di daerah tersebut durian dikembangkan dengan metode yang lebih modern dan skala yang lebih besar .

Daerah lain yang pernah aku kunjungi sebagai penghasil durian ( walaupun jumlahnya tidak banyak ) ada didaerah Grabag . Pohon ini tumbuh alami dipekarangan rumah penduduk . Saya pernah menikmati durian Sangubanyu saat diundang berkunjung oleh rekan saya . Rumah dengan pekarangan luas ditumbuhi beberapa pohon durian yang masih produktif dan menghasilkan buah yang lezat .

Untuk jumlah yang sedikit lebih banyak , bisa dijumpai mulai dari desa Duduwetan terus kearah barat sampai desa Nambangan . Biasanya pedagang mengumpulkan durian dirumah mereka sebelum dijual kepasar . Saat berkesempatan mengunjungi ke rumah pedagang , kulihat banyak durian dari segala ukuran siap dipasarkan hingga ke Kutoarjo. Menurut penuturan mereka , buah itu dikumpulkan dari rumah – rumah sekitar namun karena malam hari saya kurang bisa melihat seberapa banyak populasi pohon durian disekitar situ. Untuk rasa dan aroma terasa durian banget gitu loh …mungkin karena tumbuh alami . Dengan harga yang masih miring kalau hanya sekedar kenyang durian bisa anda dapatkan ditempat ini waktu musimnya .

Saya yakin pohon ini juga tumbuh dan berbuah didaerah lain dari yang saya sebutkan diatas.

Jika ingin mencoba silahkan ..mudah – mudahan pohonnya masih tumbuh dan berbuah , serta turut serta menghijaukan Purworejo .

2 komentar:

  1. Memang sebaiknya kita jaga kelestarian pohon durian shg durian tetap jd icon purworejo, tetapi kondisi saat ini, di kec kaligesing banyak pohon durian yang tua dan tak produktif, itupun jumlahnya semakin berkurang...smg pak Bupati memperhatikan hal ini,agar anak cucu kita tak hanya tahu sejarahnya saja tetapi benar2 masih bisa menikmati durian dari kotanya sendiri...

    BalasHapus
  2. Betul sekali Mas Yoyok..

    Memang kita perlu gali dan lestarikan potensi yang akan menjadi icon Purworejo ..

    Ayo ,siapa yang akan mulai investasi..? Agrobisnis di purworejo prospektif lho...

    Wassalam,
    Raf

    BalasHapus

welcome to forum purworejo, please leave your comments; Komentar ini bebas untuk siapapun, tidak hanya yang punya account blogspot. Maturnuwun.

 

greeny::template design by: paradesain:: avaliable to download at:template.azimat.net
copyleft:blogger purworejo community 2008 - 2010 || supported by: free magazine subscription || contact us by email:satvica77@yahoo.com