Dukung Sumedi pada Kontes SEO astaga.com lifestyle on the net | semoga juara I

BLOG INI TELAH DIPINDAH KE BLOGGERPURWOREJO.COM



Sabtu, 26 Juli 2008

Mencari Celah mengembangkan potensi.

Kab. Purworejo yang berbatasan dengan laut selatan belum termanfaatkan dengan optimal. Penduduk yang tinggal dipesisir selatan belum banyak yang dapat memanfaatkan laut yang mengandung berbagai tambang penghasilan. Yang paling nyata adalah nelayan, nelayan yang ada belum maju, saya tidak tahu apakah faktor ombak yang besar menjadi kendala.

Tetapi sesama pantai selatan, didaerah jawa Timur maupun jawa Barat banyak dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai nelayan. Masalahnya juga barangkali kekurangan modal, ya terserahlah faktanya begitu. Selain hal tersebut diatas, bagi yang hidup sebagai petani, masih banyak yang mengkhususkan diri sebagai petani padi, yang masih banyak terikat dengan tradisi. Seharusnya sudah berani mengambil terobosan. Tahun 70an, daerah Wingko pernah ada yang sukses menanam jeruk, tapi sampai ditingkat itu, untuk kelanjutannya, berhenti lagi. Beberapa warga ada yang mencoba beternak ayam, satu dua ada yang bertahan sampai 20 tahun, dan sekarang sudah berhenti. Salah satu kendala yang dialami adalah pemasaran. Waktu kerja rata2 kebanyak warga petani masih rendah. Kalau musim sawah rata2 orang bekerja pagi jam 7 s/d jam 9 dan sore jam 2 s/d 5, berarti sehari 5 jam kerja. Sedangkan musim sawah dalam satu tahun paling hanya 4 bulan, 8 bulan lain merupakan waktu tunggu antara menunggu panen dan menunggu datangnya hujan. Kalau hasilnya dirasa masih rendah adalah wajar karena jam kerjanya rendah. Sebagai contoh, didaerah Purwokerto, kalau lagi kerja disawah jam 11 baru pulang, kadang2 jam 1 masih ada yang disawah, ini bisa dihitung berapa jam sehari. Untuk memajukan petani perlu ada penyuluhan bagaimana supaya petani berani mencoba berbagai jenis tanaman yang mungkin cocok ditanam didaerah purworejo selatan khususnya, yang sebagaian besar petani sawah basah. Para tokoh perlu diajak bicara, supaya idenya dapat dicerna oleh para warga petani. Mudah2 an ada yang memperhatikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

welcome to forum purworejo, please leave your comments; Komentar ini bebas untuk siapapun, tidak hanya yang punya account blogspot. Maturnuwun.

 

greeny::template design by: paradesain:: avaliable to download at:template.azimat.net
copyleft:blogger purworejo community 2008 - 2010 || supported by: free magazine subscription || contact us by email:satvica77@yahoo.com