Dukung Sumedi pada Kontes SEO astaga.com lifestyle on the net | semoga juara I

BLOG INI TELAH DIPINDAH KE BLOGGERPURWOREJO.COM



Jumat, 06 Juni 2008

Mengenal Makanan Khas: Clorot

Ada yang tahu clorot? Ini adalah makanan tradisional khas Grabag. Terbuat dari adonan tepung beras dan gula merah yang dikukus. rasanya manis, kenyal. Yang unik dari Clorot adalah cara membungkusnya, menggunakan daun kelapa muda, dibuat melingkar, berulin, memanjang, tengahnya diisi adonan, lalu dikukus.

hidangan clorot
Menghidangkan Clorot

Untuk memakannya juga butuh cara yang unik, yaitu ditusuk dengan jari dipangkalnya, maka keluarlah. Ini agak porno kalau menusuknya menggunakan jari tengah.

Makanan ini favorit sebagai hidangan arisan, pertemuan kecil, rapat di balai desa. walaupun termasuk kue segar, Clorot bisa tahan hingga esok hari. Dulu waktu masih sekolah di Jogja, clorot merupakan oleh-oleh favorit saya,(selain Emping Melinjo ) yang ditunggu teman-teman, serunya waktu membuka bungkusnya, bareng-bareng "mana yang paling panjang?".

gambar clorot purworejo
gambar Clorot

Bagi yang kebetulan main ke Grabag jangan lupa beli untuk oleh-oleh. Tersedia banyak di Pasar Kecamatan Grabag, tapi membelinya pagi hari. Siang hari pasti sudah habis, laris.

yang dari Grabag, mungkin bisa menambahi dengan foto atau cara pembuatannya, boleh dikirim atau berkomentar.

pengirim: sumedi
Gambar Clorot oleh: mas Raf

7 komentar:

  1. Di Kutoarjo kayaknya juga sering saya temui clorot . Banyak dijual pagi hari disekitaran jalan Tanjung Anom.

    'Ntar deh kalau ada gambarnya saya kirim , sebagai pelengkap info kuliner Purworejo ( insya alloh ).Mudah2an ada yang jual

    Raf

    BalasHapus
  2. I love clorot very much....

    BalasHapus
  3. Ha ha ha untuk memudahkan keluarnya clorot harus di 'gilig'2 dulu mas, dengan kedua telapak tangan sambil merem. baru ditusuk pake jari.

    BalasHapus
  4. haha kalu ingat clorot gwe jadi ingat dengan kampung halaman gwe

    BalasHapus
  5. iki pancen makanan khas poerdjo...
    ning nek nggo oleh2 ketoe ga iso tahan lama yo...aku pengen nggowo nggo oleh2 neng mbogor, piye carane yo ben ga basi...hehehe...
    (pake pesawad iso kali yo omm...hehehe..., opo dilebokke kulkas...xixixixi...)

    BalasHapus
  6. clorot pancen enak tenan

    BalasHapus
  7. aku dadi pingin mulih nang thorjo,ben omahku nang terban lor tapi aku ndisik sering golek clorot nang pasar thorjo,salam kanggo cah terban lor.

    BalasHapus

welcome to forum purworejo, please leave your comments; Komentar ini bebas untuk siapapun, tidak hanya yang punya account blogspot. Maturnuwun.

 

greeny::template design by: paradesain:: avaliable to download at:template.azimat.net
copyleft:blogger purworejo community 2008 - 2010 || supported by: free magazine subscription || contact us by email:satvica77@yahoo.com