Dukung Sumedi pada Kontes SEO astaga.com lifestyle on the net | semoga juara I

BLOG INI TELAH DIPINDAH KE BLOGGERPURWOREJO.COM



Senin, 03 September 2007

Wisata Purworejo

Pantai Ketawang
Terletak di wilayah kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. Pintu masuk dari Desa Ketawang, namun wilayah pantai meliputi garis pantai sepanjang kurang lebih 3 km sampai pantai Pasir Puncu. Dapat di tempuh dari Kutoarjo 12 km, bisa juga dari arah Jogja dan Kebumen lewat jalur selatan.

pantai ketawang grabag purworejo

Merupakan wilayah pantai pasir hitam dengan ombak dan angin yang besar. Tiap Idul Fitri, tempat ini dikunjungi banyak wisatawan lokal, baik dari wilayah Grabag sendiri maupun dari wilayah yang iaju, seperti Bruno, Winong, Kemiri.

pantai ketawang grabag purworejo

Pantai ini ramai karena ada semacam adat, kalau Lebaran, ada namanya "riyayan", lamanya satu pekan. Pada hari kedelapan dinamakan syawalan, hari penutup wisata. Selama 8 hari itu biasanya orang-orang menggunakannya untuk berwisata pantai bersama keluarga, bagi yang muda-muda, untuk cari kenalan.

pantai ketawang grabag purworejo

Sebenarnya tempat ini biasa saja, masih butuh banyak penataan untuk dijadikan sebagai tempat wisata modern. Tempat yang panas dan tidak adanya peneduh menjadi salah satu ketidaknyamanan, namun hembusan angin pantai yang keras meringankan panasnya matahari.

Tak perlu repot membawa makanan, aneka warung menjual kupat tahu, mie ayam, bakso, sate, atau rames berjajar sepanjang pantai. Juga aneka minuman seperti dawet, es buah, atau teh.

Pantai Pasir Puncu

Terletak sekitar 2.5 km dari pantai Ketawang. Bisa dituju dengan jalan kaki menyusuri pantai. Bisa juga dengan mobil atau motor, melewati pinggiran 'hutan' bekas galian penambangan pasir besi.

Objek yang menarik, pantai terletak di muara sungai awu-awu, ada bekas dermaga buatan Belanda yang tak lagi digunakan. Dari dermaga ini kita akan menyaksikan ombak yang besar menabrak batu, mengakibatkan air naik ke udara. Di sisni juga tempat yang cocok buat memancing.

Pantai Keburuhan
terletak di Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol. Letaknya berseberangan dengan Pantai Pasir Puncu yang ada di Kecamatan Grabag. Untuk ke sana bisa menyeberang dengan perahu dari pantai pasir puncu, atau naik mobil dan motor, kendaraan sudah bisa ke pantai.

Pantai Siledok/ genjik

berada di muara sungai rowo yang merupakan perbatasan kabupaten purworejo dengan kabupaten kebumen. Kalau Pasir puncu di batas timur kecamatan grabag, Siledok di batas barat kecamatan grabag, juga batas barat Kabupaten purworejo.

pantai genjik/ siledok, grabag, purworejo

Objek berupa pantai pasir hitam, bangunan pengarah arus sungai (jeti).cocok buat memancing. Aiar payau. Untuk ke silakan susuri jalan daendels dari ketawang seitar 8 km, sebelum ketemu jembatan, ada jalan masuk.

Sayang, ke empatr pantai tersebut hanya ramai pada libur lebaran atau hari minggu puasa.

----------------------------------------------------------------
GEGER MENJANGAN

Kawasan pegunungan, termasuk barisan bukit menoreh. Dari puncak bukit ini kita bisa meandang lepas kota Purworejo, bahkan jauh ke selatan, pantai selatan. Jalan setapak yang mendaki menjadi keasyikan tersendiri asyik untuk jalan-jalan.

Perjalanan dari pintu masuk obyek hingga puncak bukit memang cukup mengasyikkan. Wisatawan ditantang untuk membuktikan kehandalan tenaga dengan mendaki bukit yang tingginya sekitar 175 m di atas permukaan laun. Setelah sampai di puncak, wisatawan akan menemukan sebuah bangunan berukuran 6 x 10 meter, itulah gardu pemanfangan yang sengaja dibangun untuk menikmati keindahan Kota Purworejo dan Pantai Selatan.

Selain itu, kawasan Geger Menjangan masih menawarkan beberapa obyek rekreasi lainnya, yaitu taman permainan anak dan kolam renang. Kolam renang dan taman pemancingan terletak di pintu masuk kawasan.

Untuk mencapai ke sana bisa naik angkutan jurusan Kalibata, jalan yang arah ke Magelang, dekat dengan pusat kota kabupaten.

PANTAI JATIMALANG

Pantai Jatimalang yang terletak di Desa Jatimalang Purwodadi luasnya ± 20 Ha banyak dikunjungi para wisatawan, dimana sampai dengan akhir tahun 2001 sekitar 7.000 orang. Peluang yang ditawarkan adalah Pembangunan Camping Ground, Arena Hiburan Anak, Hotel dan Rumah Makan, serta Sirkuit Three in One (pacuan Kuda, Road race dan Mottocross). Prasarana penunjang yang ada di Pantai Jatimalang adalah jalan desa hot mix, Fasilitas obyek sederhana seperti gasebo 2 unit, jalan paving dan penghijauan sekitar lokasi. Sumber: jawatengah.go.id

Artikel lain, pengalaman yang ditulis oleh Mbah Suro, veteran Pemadam Kebakaran. Semoga pembaca lebih bisa membayangkan pantai Jatimalang dengan cerita Mbah Suro yang membuai.

Air terjun sumongari di kaligesing
Anda warga kaligesing? Punya data, foto, atau cerita mengenai air terjun Sumongari? Kirim saja kemari, mari promosikan ke dunia. Go purworejo global!
---------------------------------------

Hotel Di Purworejo

Bagi yang berasal dari luar daerah, atau kebetulan kemalaman, mau melewatkan malam di purworejo, tersedia hotel kelas melati. Sementara data baru untuk kutoarjo, silakan teman-teman melengkapi.

1. Hotel Sawunggalih
Terletak di timur lampu merah kutoarjo, selatan jalan.

2. Hotel Garuda Setia
Selatan lampu merah kutoarjo, gang pertama kiri masuk, kanan gang.

3. Hotel Sumber Urip
Utara Stasiun KA Kutoarjo

4.Hotel Suronegaran
Jalan Urip Sumoharjo no 47 Purworejo
telp: 0275 322076

Tarif:
standar Rp.90.000
executive Rp. 200.000
president Rp:290.000
......
Anda punya info hotel yang lain, lebih lengkap? isi di comment, atau mau jadi member? kirimkan permohonan ke satvica77@yahoo.com

Yang punya referensi tempat wisata lain, silakan menghubungi kami.

sumedi
satvica77@yahoo.com

44 komentar:

  1. makasih ya atas berita tentang kota purworejo semoga kota purworjo makin berkembang dan semakin maju.kalau bisa tambah lagi dong kilasan tentang wisata kota purworejo biar orang luar kota purworejo pada tau kalau kota kita banyak obyek wisata...salam kenal dari cah boro....!

    BalasHapus
  2. wOw akehne rek...
    jadi penasaran mau maen ke purworejo..
    Kalau sama purwokerto itu lain ya.
    Ak punya temen asal purworejo tapi ilang saiki namanay nur khamid he he katanya sih dia orparpol gitu.
    Oh ya ada yang tertarik ingin buka usaha souvenir gak ?
    visit ny web ya :
    www.realimagink.blogspot.com
    matursuwun

    BalasHapus
  3. Bravo Purworejo, saya juga orang Purworejo, tepatnya Wong Paitan, Kemiri, sekarang lagi tinggal di pinggiran Jakarta, di Daerah Cibubur. Saya ada kesan tersendiri kalau denger kota kelahiranku. rasanya pengin pulang aja. Mengenang masa2 di Sekolah, masa2 tempo doeloe.. kalau ada yang pengin kenalan juga boleh...

    Salam

    Arman

    BalasHapus
  4. Maju terus purworejoku.saya Prasetiyo alumnus SMUN 1 purwodadi th 1978.salam kenal dr anak ketangi pwd pwrj

    BalasHapus
  5. PURWOREJO it's me,g tw np q bangga bnget's ma purworejo,pokoknya q g mw ningalin loe!!!!!!!

    BalasHapus
  6. purworejo gue bangets!!!!!!!

    BalasHapus
  7. purworejo gudangnya jendralisih no jedur ra yo

    BalasHapus
  8. purworejo....
    never ending stories .... :p

    BalasHapus
  9. aq tinggal di tangerang, nek denger kata purworejo rasane kangen sama makanan yang namanya sate...

    pokoknya yang lewat purworejo harus mampir ke daerah loning untuk menikmati sate kambing ala winong

    uuueeeeenaaaaaak brooo

    BalasHapus
  10. Aku seneng banget ni?
    ada promosi tempat wisata!!!
    aq asli Purworejo!!!!
    Selamat atas postingannya!!!

    BalasHapus
  11. Ya saya setuju tentang informasi-informasi perkembangan purworejo

    BalasHapus
  12. sALute tO oUr lOvEly pURworejO!!
    cH kEtaWaNg..

    BalasHapus
  13. purworejo "is the best" semoga kota pwrjo lebih maju dan makmur , ok
    from: alumni smk PN in bandung

    BalasHapus
  14. KRONCONG""PURWOREJO""

    PURWOREJO BERIRAMA GAGAH BAGAI SENOPATI
    SINAR TERANGMU TERUKIR PEJUANG SEJATI

    JIWA PEMUDAMU MENGAKAR PANCASILA SAKTI
    PENDIDIKAN MAJU CITA BUMI PERTIWI

    BUKIT MENOREHNYA BENTENG NEGRIMU
    GOA SEPLAWANNYA PARIWISATAMU

    BEDUGMU MENGGEMA CITRA KYAI PENDAWA
    LESTARIKAN DIRIMU YANG PENUH WIBAWA

    BAGELEN,,,LOANO,,,BANYUURIP
    KUTOARJO,,,BRUNO,,,KALIGESING

    (JAR PLOS TGLRJO BU)

    BalasHapus
  15. KRONCONG""PURWOREJO""

    PURWOREJO BERIRAMA GAGAH BAGAI SENOPATI
    SINAR TERANGMU TERUKIR PEJUANG SEJATI

    JIWA PEMUDAMU MENGAKAR PANCASILA SAKTI
    PENDIDIKAN MAJU CITA BUMI PERTIWI

    BUKIT MENOREHNYA BENTENG NEGRIMU
    GOA SEPLAWANNYA PARIWISATAMU

    BEDUGMU MENGGEMA CITRA KYAI PENDAWA
    LESTARIKAN DIRIMU YANG PENUH WIBAWA

    BAGELEN,,,LOANO,,,BANYUURIP
    KUTOARJO,,,BRUNO,,,KALIGESING

    (JAR PLOS TGLRJO BU)

    BalasHapus
  16. kalau bisa, informasikan warnet-warnet yang ada dipurworejo, karena dari warnet itulah orang dapat mengerti perkembangan kota Purworejo. Dan saya mulai dari sekaran kepada bagian ADMIN : mungkin bisa di informasikan alamat-2 warnet berada agar pengguna warnet tidak susuah2 mencarinya. Untuk itu saya menginformasikan bahwa salah satu warnet yang ada di Purworejo yaitu KEISYA.NET berada di Jl. Sudirman No.73 Purworejo, seberang Lembaga Pendidikan PRIMAGAMA timur Rumah Sakit Umum Daerah.

    BalasHapus
  17. Saya alumni Sd Caritas lulus 1966t, smpn lulus 1969, dan sma negri purworejo lulusas 1972, teman=teman seangkatanku a.l. Ayadi, adji b, andi setiadi, titik handayani, koen, sumarni, duto pamungkas, nurhayati,murdilah, endang skrwti, nanik fauziah. silvia asih , dll, dimana sekarang kaliyan kawan? Yuk kita ngarumpi, Salamku, Ery Kusriyanto, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur. (erikomailing@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  18. Purworejo, Aku bocah asli Tulusrejo Grabag, Alumni SMP 1 Grabag th 83 & SMA PMB 1 Kutoarjo th 86, Piye kabare sedulur kabeh?
    I Love U so much.
    (nanangyuliono@gmail.com)

    BalasHapus
  19. salam kenal

    http://ekojuli.wordpress.com/

    BalasHapus
  20. tolong lokasi2 yang diperkenalkan di purworejo di cantumkan informasddi sedjarahnya....
    thanks

    BalasHapus
  21. SULUH DEWANTO8 Juli 2009 12.15

    SY DULU ASLI PURWODADI SD N ,SMP N DAN SMU N PURWODADI SEMUA..KAB.PURWOREJO...SENENG ADA INFO PURWOREJO MUDAHAN MAJU..DAN TERUS BERKEMBANG BRAVO PURWOREJOKU

    BalasHapus
  22. Salam Kenal dr Cah Kemanukan Bagelen semoga Purworejo semakin maju tapi tetap damai....

    GiiiiiQ

    BalasHapus
  23. PURWOREJO.....Aku ko jadi JATUH CINTA padamu...!!!
    Klo boleh, kasih info juga dong ttg Desa Sangubanyu... Aku buth neh..Thanks ya...

    BalasHapus
  24. bosen di purworejo.....

    BalasHapus
  25. suwun yo mas.blog njeengan pancen oke.saya udah dari dulu sll memantau tp baru bisa koment lagi.maksih poto2 nya saya paste di blog baru saya salam pordjo n monggo sami mampir di www.putropurworejo.blogspot.com

    BalasHapus
  26. Makasih banyak informasi wisatanya. Ikut kampanye mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ya :)

    BalasHapus
  27. Salam Blogger Indonesia, blogwalking ya... dan sukses selalu untuk Anda!
    jabat tangan erat salam penuh damai!

    Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

    BalasHapus
  28. gimana si ko cma hotel klas melati aja yg diexposs hotel b'bintng mangnya ga da?????????

    BalasHapus
  29. aku yo cak purworejo,deso singkil wetan ngombol,dadi kangen wis 10 tahun ramulih,dadi sering gegowo ngimpi

    BalasHapus
  30. aku wayah bagelen salam wae kanggo rencang2 dateng jogja N salam manis setengah kecut kanggo bocah bener kedung pucang heeeeee........

    BalasHapus
  31. salam kenal buat ank2 yang ada dijogja (umi wayah bagelen)

    BalasHapus
  32. ayo promosikan lagi potensi wisata purworejo,sesungguhnya klo dikelola lbih baik bisa jadi sebuah aset pendobrak pendapatan daerah yg luar biasa

    BalasHapus
  33. PURWOREJO IS MY MEMORY TWELVE YEAR AGO, WITH MY LOVE ANA SRIHARTATI CAH DAERAH PATOK

    BalasHapus
  34. PURWOREJO IS MY MEMORY TWELVE YEARS AGO, WITH MY LOVE ANA SRIHARTATI CAH DAERAH PATOK, CAN WE REPEAT AGAIN THE MEMORY..........HELP ME PLEASE...!

    BalasHapus
  35. PURWOREJO IS MY HOMETOWN FOURTY YEARS AGO, HERE IS MANY MEMORY IN MY LIFE, MY FELL WISH BACK HOME WHEN REMEMBER PURWOREJO. IN THE NIGHT SOME TIMES I CAN,T SLEEP COUSED BY MY HOMOGEN IN PURWOREJO. I GRADUATED FROM UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH PURWOREJO IN NINETEEN NINETY EIGHT.

    BalasHapus
  36. Aku asal Purworejo,Gebang,Lugosobo sopo sing kenal aku...hayo ex SMEA Kr Penabur lulusan 83,Purworejo memang kota damai

    BalasHapus
  37. belum pernha kesini nih,
    tapi denger cerita nih tempat bagus banget.
    jadi penasaran nih

    BalasHapus
  38. aku juga wong purworejo, omah ku semawung daleman/silekor..
    saiki aku manggon neng wetane cibubur, tepate nang 'jonggol'..

    BalasHapus
  39. cedhak taman buah mekarsari lho,monggo pinarak ketemu papa,mama ku.. asli tulen purworejo ..

    BalasHapus
  40. hai ugeng ,kenalke aku mun ,cah singkil wetan jg,aku wingi bru mulih kampung,yo tak sempatke ndelox segoro kidul walaupun cm dwe an ng ketawang,hem memang menakjubkan ombak e,slm kanggo kbeh wae.ki nomerku 081281618820

    BalasHapus

welcome to forum purworejo, please leave your comments; Komentar ini bebas untuk siapapun, tidak hanya yang punya account blogspot. Maturnuwun.

 

greeny::template design by: paradesain:: avaliable to download at:template.azimat.net
copyleft:blogger purworejo community 2008 - 2010 || supported by: free magazine subscription || contact us by email:satvica77@yahoo.com